UJIAN NASIONAL SMK 2011

Prediksi Soal UN SMK 2011 ini berlaku untuk SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan baik teknik atau pun Non Teknik dalam rangka persiapan UN SMK 2011 yang lebih matang dan terarah sebab disusun oleh para pengajar yang berpengalaman di bidangnya. Kami lebih senang mengistilahkan Prediksi Soal UN SMK 2011 ini dengan istilah Latihan yang terarah Ujian Nasional SMK karena semua jenis soal yang diujikan berusaha kami sesuaikan dengan Kisi-kisi Ujian Nasional yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional atau Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia..

Download Links Kisi-kisi Ujian Nasional 2011

Latihan Soal UN SMK 2011 ini terdiri dari 2 (dua) paket, yaitu Paket 1 dan Paket 2 . Silakan simak dan miliki Latihan Lengkap Ujian Nasional (UN) SMK ini dan Anda boleh mendownloadnya secara gratis karena kami berikan juga linknya untuk mendownload file-file tersebut.

Latihan Soal UN SMK – 2011

Latihan Soal UN SMK – Teknik

Download Latihan Matematika untuk persiapan UN SMK 2011 (termasuk pembahasan, teorinya dan juga Bank Soal)

Download Latihan Bahasa Indonesia untuk persiapanUN SMK 2011 (termasuk pembahasan, teorinya dan juga Bank Soal)

Download Latihan Bahasa Inggris untuk persiapan UN SMK 2011 (termasuk pembahasan, teorinya dan juga Bank Soal)

Download Latihan Teori Kejuruan untuk persiapan UN SMK 2011 (termasuk pembahasan, teorinya dan juga Bank Soal)

Latihan Soal UN SMK – Non Teknik

Download Latihan Matematika untuk persiapan UN SMK 2011 (termasuk pembahasan, teorinya dan juga Bank Soal)

Download Latihan Bahasa Indonesia untuk persiapanUN SMK 2011 (termasuk pembahasan, teorinya dan juga Bank Soal)

Download Latihan Bahasa Inggris untuk persiapan UN SMK 2011 (termasuk pembahasan, teorinya dan juga Bank Soal)

Download Latihan Teori Kejuruan untuk persiapan UN SMK 2011 (termasuk pembahasan, teorinya dan juga Bank Soal)

Semoga bermanfaat untuk Siswa-siswi SMK yang kami cintai dan juga bagi para guru yang terhormat

Soal UN SMK 2011 tetap ada Ujian Teori Keahlian

Seperti halnya UN SMK 2010, untuk UN SMK Tahun 2011 tampaknya materi pelajaran ujian siswa SMK tetap ada empat, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan ujian praktek. Untuk UN SMK tahun 2010 mata pelajaran yang diujikan jadi bertambah yaitu adanya ujian teori kejuruan atau keahlian.

Ujian nasional tahun pelajaran 2010/2011 jenjang sekolah menengah atas/madrasah aliyah/sekolah menengah kejuruan (SMA/MA/SMK) akan diselenggarakan 18-21 April 2011.

Sementara jenjang sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTs) akan dilaksanakan 25-28 April 2011.
Jadwal UN ini tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 45 Tahun 2010 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46 tentang Pelaksanaan UN SMP dan SMA Tahun Pelajaran 2010/2011 yang ditandatangani Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh Senin (4/1/2011) di Jakarta.
Dalam UN April mendatang sudah digunakan formula baru untuk menentukan kelulusan yaitu nilai gabungan antara nilai UN dengan nilai sekolah yang meliputi ujian sekolah dan nilai rapor.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdiknas Mansyur Ramly mengatakan, UN Susulan SMA/MA/SMK akan dilaksanakan 25-28 April 2011 dan pengumuman kelulusan oleh satuan pendidikan paling lambat 16 Mei 2011.
Sementara UN Susulan SMP/MTs diselenggarakan 3-6 Mei 2011, sedangkan pengumuman UN SMP/MTs oleh satuan pendidikan pada tanggal 4 Juni 2011. “UN kompetensi keahlian kejuruan SMK dilaksanakan sekolah paling lambat sebulan sebelum UN dimulai,” kata Mansyur.
Sebelum kelulusan diumumkan, sekolah mengirimkan hasil nilai sekolah untuk digabungkan dengan hasil nilai UN ke Kemdiknas. Selanjutnya, setelah digabungkan dengan formula 60 persen UN ditambah dengan 40 persen nilai sekolah, nilai tersebut dikembalikan lagi ke sekolah. Sekolah menggabungkan nilai dengan mata pelajaran lain. “Kan ada tujuh mata pelajaran lain yang harus lulus. Yang menentukan kelulusan tetap satuan pendidikan,” kata Nuh.
Nuh melanjutkan, dari peta nilai akan dilakukan analisis setiap sekolah. Sekolah yang nilainya rendah akan dilakukan intervensi seperti tahun 2010 yakni memberikan insentif dana sebesar Rp 1 miliar sebagai stimulus kepada 100 kabupaten/kota yang memiliki nilai UN rendah.
Insentif dana itu diberikan pada kabupaten/kota dengan persentase kelulusan siswa kurang dari 80 persen. Selain dana, pemerintah juga melakukan intervensi program peningkatan kompetensi guru dan remedial. “Tidak ada target khusus kelulusan siswa. Targetnya kejujuran pelaksanaan UN. Itu yang lebih mahal karena dari angka kelulusan tahun lalu sudah 99 persen,” kata Nuh.

Diperlukan Kejujuran Pelaksanaan UN

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan mensinergikan hasil ujian nasional (UN) SMA, SMK dan MA sebagai tiket masuk kampus melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang ditargetkan dilaksanakan pada 2012 mendatang. Kebijakan baru ini mendapat berbagai tanggapan dari sejumlah rektor di Medan.

Kepada Global, Senin (26/7), Rektor Universitas Negeri Medan Prof Syawal Gultom dan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumut Prof Ahmad Nur Fadhil Lubis mengaku mendukung kebijakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas Djoko Santoso yang akan memberlakukan kebijakan tersebut mulai tahun depan.

Menurut Syawal, sepanjang hasil UN tersebut bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya, maka kebijakan Kemendiknas itu tidak ada masalah. “Kita tidak masalah dengan kebijakan itu, namun yang penting harus dicermati daripada sistem UN. Selama ini pelaksanaannya terindikasi adanya kecurangan atau kebocoran soal,” ujar Syawal.

Untuk mencapai ke arah itu, kata Syawal, pelaksanaan UN perlu dikembangkan dalam hal materi-materi soal dengan melibatkan PTN sebagai pihak yang akan menerima calon mahasiswa.

Sedangkan Rektor IAIN Sumatera Utara, Prof Ahmad Nur Fadhil Lubis mengatakan kebijakan ini nantinya jika dilaksanakan bukan merupakan hal yang baru.

Menurutnya untuk masuk PTN itu ada beberapa sistem yang dilakukan, yakni ujian seleksi masuk dari pemerintah, ujian akhir masing-masing sekolah dan ujian seleksi dari kampusnya.

Dengan adanya kebijakan baru dari Mendiknas tersebut, Fadhil merasa yakin pemerintah termasuk Sumut siap melaksanakan rencana itu. Meskipun di satu sisi dia tidak menafikan bahwa pelaksanaan UN saat ini masih jauh dari harapan dan pelaksanaannya masih perlu diperbaiki, terutama soal pengawasan yang harus ditingkatkan agar hasilnya bisa lebih baik.

About these ads

About SMK YPM 4 TAMAN

sekolah mengah kejuruan yang mempunyai dua bidang keahlian yaitu teknik kendaraan ringan dan teknik audio video
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to UJIAN NASIONAL SMK 2011

  1. Mr WordPress says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s